Meriahnya Perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Moskow

Pertandingan olah raga, upacara detik-detik proklamasi sampai Konser Musik

Meriahnya Perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Moskow
Antusias warga Rusia ikut hadir dalam upacara bendera

KAWULA INDONESIA – Hampir 2 tahun vakum akibat pandemi Covid-19, akhirnya perayaan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) kembali diselenggarakan KBRI Moskow.  Dengan semangat kemeriahan, pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Federasi Rusia ini, mengusung tema yang diusung secara nasional yaitu ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’.

Sejumlah kegiatan pun langsung dilaksanakan, diawali dengan pertandingan olahraga yang berlangsung selama sebulan penuh.  Seluruh pertandingan olahraga dalam rangka perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI diselenggarakan di ibukota Moskow. Cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan antara lain: tenis meja, bola voli, bulutangkis, dan sepakbola mini (mini soccer).

Pertandingan olehraga ini dikuti oleh berbagai komponen Warga Negara Indonesia (WNI) dan Diaspora Indonesia di kota Moskow, tetapi juga oleh warga Rusia dan Warga Negara Asing (WNA) lainnya. Beberapa diantaranya bahkan keluar sebagai pemenang pertama, antara lain: Laos (mini soccer wanita), Myanmar (mini soccer pria) dan Viet Nam (bulutangkis pria dan bulutangkis wanita).

Puncak kegiatan perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI berlangsung pada tanggal 17 Agustus 2022 dan diadakan sebanyak dua kegiatan.  Kegiatan pertama diawali dengan pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka Peringatan Detik-Detik Proklamasi.

Upacara bendera berlangsung di pelataran halaman gedung KBRI Moskow dan dipimpin oleh Inspektur Upacara, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Tavares. Pelaksanaan upacara berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan, sesuai dengan arahan Pusat mempertimbangkan situasi pandemi yang masih memerlukan kehati-hatian.

Meriahnya Perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Moskow
Saat upacara detik-detik proklamasi

Penyelenggaraan upacara bendera disemarakkan dengan warna-warni pakaian nasional dan baju adat dari berbagai daerah di Indonesia, yang menjadi dress code dari seluruh peserta upacara yang hadir, yang terdiri atas seluruh pejabat/staf KBRI Moskow beserta anggota keluarga, perwakilan WNI (mahasiswa, pekerja migran) dan Diaspora Indonesia.

Dubes Jose Tavares yang mengenakan pakaian adat khas Rote-Sabu, NTT, dalam amanat upacara menyatakan bahwa perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI pada tahun 2022 masih diselenggarakan dalam situasi yang ‘tidak biasa’, dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya berlalu, dinamika situasi geopolitik dan instabilitias perekonomian global.

“Kondisi yang saat ini dihadapi dunia global merupakan situasi yang penuh tantangan, antara lain: krisis pangan, krisis energi dan krisis keuangan,” ungkap Dubes Tavares.

Lebih lanjut Dubes Tavares menyampaikan, bahwa situasi yang ‘tidak biasa’ tersebut kiranya tidak membuat seluruh elemen komponen bangsa menjadi gentar untuk mewujudkan agenda besar dan cita-cita besar bangsa menuju Indonesia Maju.

Secara khusus, Dubes Tavares menggarisbawahi 4 (empat) kekuatan yang dimiliki Indonesia untuk terus mengupayakan tercapainya Indonesia Maju, yaitu: kuatnya kerja sama seluruh elemen masyarakat dan lembaga negara dalam menghadapi pandemi, sumber daya alam melimpah yang dikelola secara bijak, bonus demografi yang didominasi generasi muda usia produktif dan daya beli masyarakat yang terus meningkat adalah motor penggerak perekonomian nasional dalam menghadapi kompetisi global.

Pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka Peringatan Detik-Detik Proklamasi juga menarik minat warga Rusia, Anastasia Fedotova, asal kota Saratov, yang terletak 1.054 kilometer dari ibukota Moskow.

Meriahnya Perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Moskow
Perlombaan olahraga

Anastasia, merupakan seorang wartawan pada kantor berita Saratov24.TV dan saat ini juga merupakan pelajar program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) yang diselenggarakan oleh KBRI Moskow bekerja sama dengan Kemendikbudristek RI.  Anastasia rela menempuh 16 jam perjalanan naik kereta api dari kota kediamannya di Samara, untuk dapat mengikuti upacara di KBRI Moskow.

“Saya gembira sekali akhirnya berkesempatan untuk mengikuti dan mengetahui Upacara Bendera yang dilaksanakan dalam rangka Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia di Moskow. Sejak belajar BIPA pada tahun 2021, salah satu bucket list saya adalah menghadiri Upacara Bendera Kemerdekaan RI,” ujar Anastasia dengan mata berbinar.

Puncak acara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Moskow yang kedua adalah pelaksanaan Konser Budaya dan Musik Indonesia yang berlangsung pada tanggal 17 Agustus 2022 di Taman Hermitage Kota Moskow. Konser yang berlangsung mulai pukul 15.30 – 20.00 waktu setempat berlangsung meriah. Tercatat sebanyak 500 orang yang terdiri atas, WNI, Diaspora Indonesia, tamu undangan khusus, korps diplomatik di Moskow, warga Rusia dan WNA lainnya hadir dan larut dalam kegembiraan konser dari awal hingga usai.(Niel)