Festival Pacu Jalur Taluk Kuantan 2022 Momentum Kebangkitan Ekonomi Riau

Diharapkan promosi ini dapat menarik lebih banyak wisatawan

Festival Pacu Jalur Taluk Kuantan 2022 Momentum Kebangkitan Ekonomi Riau

KAWULA INDONESIA – Dengan dilaksanakannya kegiatan Festival Pacu Jalur Taluk Kuantan 2022 diharapkan menjadi momentum kebangkitan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja bagi masyarakat Riau, khususnya di Kabupaten Kuantan Singingi.

Kegiatan ini pun juga mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf).

Dalam pembukaan Festival Pacu Jalur Taluk Kuantan 2022 di Lapangan Limuno, Teluk Kuantan, Minggu (21/8/2022) lalu, Menparekraf Sandiaga mengatakan lewat event-event berskala daerah seperti festival ini diharapkan dapat membangkitkan ekonomi masyarakat.

“Event-event daerah ini akan membuka peluang usaha, akan menggeliatkan ekonomi, akan terlihat UMKM-UMKM yang mendapatkan omzet lebih tinggi,” kata Sandiaga.

Lebih lanjut Menparekraf Sandiaga menuturkan Festival Pacu Jalur Taluk Kuantan 2022 ini pun bisa menjadi media promosi potensi wisata yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi. Sebab, festival ini merupakan salah satu dari 110 event yang terpilih untuk masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara 2022.

Diharapkan, dengan promosi ini dapat menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Kuantan Singingi.

“Selain itu kita harapkan di masa mendatang Festival Pacu Jalur ini yang levelnya daerah mungkin kita bisa tingkatkan tahun depan menjadi berskala nasional. Siapa tahu suatu saat ini akan menjadi festival (bertaraf) internasional,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Riau, Syamsuar menambahkan festival ini sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19. Sehingga, ia pun mengajak masyarakat Kuantan Singingi untuk menyukseskan penyelenggaraan Festival Pacu Jalur Taluk Kuantan 2022.

“Marilah kita bersama-sama menyukseskan Festival Pacu Jalur ini. Semoga berjalan dengan lancar dan aman,” kata Syamsuar.

Festival ini dilaksanakan pada 21-25 Agustus 2022 dan diikuti oleh peserta yang mewakili desa-desa yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi. Pembukaan festival ini juga diisi dengan pawai peserta di Sungai Indragiri.

Pembukaan Festival Pacu Jalur Taluk Kuantan 2022 ini juga dihadiri oleh Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso; dan Direktur Event Daerah Kemenparekraf/Baparekraf, Reza Fahlevi.

Turut hadir pula Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Negara (ATR/BPN), Raja Juli Antoni; Kapolda Riau, Irjen Pol M. Iqbal; dan Plt Bupati Kuantan Singingi, Suhardiman Amby.(Unge)