Dorong ekspor Jasa, Indonesia Hadir Dalam Pameran Gamescom 2022

Kekayaan Alam dan Sejarah Indonesia sangat luar biasa

Dorong ekspor Jasa, Indonesia Hadir Dalam Pameran Gamescom 2022

KAWULA INDONESIA – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendukung pengembangan sektor jasa Indonesia,  khususnya gim.  Hal ini ditunjukkan dengan dukungan yang diberikan terhadap partisipasi Indonesia di pameran dagang Gamescom 2022 yang akan berlangsung pada 24 – 28 Agustus 2022 di Cologne,  Jerman.  Sebanyak 13 pelaku usaha gim Indonesia telah terpilih melalui rangkaian rekrutmen terbuka dan kurasi.

“Kami  berharap  hasil  dari  kegiatan  ini  dapat memberikan  semangat  bagi  para  pelaku  usaha  industri  gim  Indonesia  untuk  terus  maju  dan berkontribusi positif terhadap perekonomian nasional,” ungkap Mendag Zulkifli Hasan diacara The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin (15/8/2022) secara virtual.

Lebih lanjut Mendag Zulkifli Hasan berharap, melalui partisipasi ini, industri gim Indonesia dapat semakin ‘go international’ dan aktif dalam rantai pasok global industri digital dan kreatif.  Untuk itu, Kemendag akan terus berkoordinasi dan bekerjasama dengan kementerian dan lembaga terkait, serta membantu pelaku usaha secara berkesinambungan dalam mempromosikan sektor gim kedepannya.

“Saya yakin dengan kapasitas talenta yang terus berkembang dan dukungan dari semua pemangku kepentingan, gim Indonesia akan menjadi generator baru ekonomi nasional karena multiplier effect yang dihasilkan kepada industri gim itu sendiri, sektor pariwisata, perdagangan dan sektor-sektor yang lain,” urai Mendag Zulkifli Hasan.

Berdasarkan data riset New Zoo pada 2020, nilai ekonomi gim di Indonesia mencapai USD 1,7 miliar atau sekitar Rp24,2 triliun.  Namun, pengembang gim lokal hanya menyerap sebesar 0,5 persen atau senilai USD 8 juta atau Rp 114 miliar.  Disisi lain, industri gim Indonesia berhasil menyumbang 2,19 persen atau Rp24,88 triliun dari total produk domestic bruto (PDB).

“Hal ini menunjukkan pemanfaatan gim lokal terus mengalami peningkatan yang signifikan,” imbuh Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag juga menyampaikan, bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam dan sejarah yang penuh nilai-nilai luhur bangsa, serta keberagaman budaya, cerita rakyat dan 801 bahasa daerah yang semua ini dapat menjadi inspirasi dalam pembuatan gim di Indonesia.

“Kombinasi antara lanskap digital dan potensi sumber cerita lokal sangat menarik untuk dikembangkan sehingga kita dapat mengambil pangsa pasar yang dikuasai oleh gim dari luar,” ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Hal ini butuh dukungan melalui promosi luar negeri serta dukungan lainnya yang dapat dilakukan  yaitu melalui promosi di dalam negeri.  Contohnya adalah : Kampanye Bangga Buatan Indonesia, yang dapat menjadi wadah untuk mempromosikan gim asli buatan Indonesia, misalnya melalui promosi di berbagai pameran, jumpa animator dan tokoh/karakter gim asli Indonesia di mal-mal yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Hal kecil ini bisa memberikan dampak yang besar dan mampu mempromosikan produk gim asli buatan Indonesia langsung ke tengah-tengah masyarakat sehingga nantinya akan membangkitkan minat untuk menggunakan gim asli Indonesia dibanding dengan gim asal luar negeri,” pungkas Mendag Zulkifli Hasan.(Unge)