Sosialisasi SIPERMIT, Aplikasi Terpadu Pelayanan dan Pelindungan PMI di Malaysia

Sosialisasi SIPERMIT, Aplikasi Terpadu Pelayanan dan Pelindungan PMI di Malaysia

KAWULA INDONESIA – Sistem Pelayanan Pekerja Migran Indonesia Terintegrasi (SIPERMIT) merupakan aplikasi yang bertujuan untuk memberikan pelindungan yang maksimal bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang akan bekerja di Malaysia.

Aplikasi ini juga dapat memberikan kemudahan pelayanan satu pintu bagi Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) dan Perusahaan perekrut PMI di Malaysia, sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia dan Malaysia.

Agar para PMI di Malaysia dapat mempergunakan SIPERMIT dengan benar, KJRI Penang menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi SIPERMIT  yang dibuka oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia di Penang, Bambang Suharto, serta sambutan kunci dari Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia, Hermono beberapa saat lalu.

Narasumber pada kegiatan yang dihadiri oleh 150 orang perwakilan dari Perusahaan Perekrut Pekerja Migran Indonesia (PMI) di wilayah kerja KJRI Penang adalah Erga Grenaldi, Atase Tenaga Kerja KBRI Kuala Lumpur.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi dengan sesi pertama merupakan sosialisasi bagi Perusahaan perekrut PMI di sektor formal, dan sesi kedua bagi Perusahaan perekrut PMI di sektor domestik (pembantu rumah tangga, penjaga orangtua dan anak).

Seluruh peserta yang hadir sangat antusias menggunakan kesempatan untuk bertanya terkait hal-hal teknis penggunaan SIPERMIT serta ketentuan yang berlaku di Indonesia dan Malaysia kepada narasumber. Para peserta yang merupakan Pengarah (Director) dan Pengerusi / HR Manager dari Perusahaan perekrut PMI di Penang, Kedah dan Perlis, mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh KJRI Penang ini, dan berharap kegiatan serupa dapat diselenggarakan kembali secara berkala.​

SIPERMIT dikembangkan dan diluncurkan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur pada bulan Mei 2022 lalu.(Adhit)