Indonesia Siap Menjadi Jembatan Dialog Rusia dan Ukrania

Indonesia Siap Menjadi Jembatan Dialog Rusia dan Ukrania

KAWULA INDONESIA – “Indonesia berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia,” demikian disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat menyampaikan keterangan pers bersama dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, di Istana Kremlin, Kamis (30/6/2022).

Jokowi meyakinkan bahwa isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia.

“Dalam konteks inilah, saya lakukan kunjungan ke Kyiv dan Moskow,” ujar Jokowi lagi.

Meskipun situasi saat ini masih sangat sulit, namun Presiden Jokowi tetap menegaskan bahwa penyelesaian damai penting untuk terus dikedepankan serta terus terbukanya ruang-ruang dialog.

“Saya telah sampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara dua pemimpin tersebut,” ucap Presiden Jokowi.

Dalam sambutannya, Jokowi sangat menghargai Putin yang sudah memberikan jaminan keamanan untuk pasokan pangan dan pupuk, baik dari Rusia maupun Ukraina.  Selain itu, demi kemanusiaan, Jokowi  mendukung upaya PBB untuk re-integrasi komoditi pangan dan pupuk Rusia dan Ukraina untuk masuk lagi dalam rantai pasok dunia.

Kunjungan Presiden Jokowi ke Moskow ini dalam rangka rangkaian menjalankan misi perdamaian.  Sebelumnya Jokowi berkunjung ke Ukraina, kemudian ke Polandia dan sekarang sampai di Moskow dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Presiden Jokowi tiba di Istana Kremlin sekitar pukul 15.30 waktu setempat dan langsung melakukan pertemuan dengan Presiden Putin di Ruang Upacara Kenegaraan Istana Kremlin. Usai pertemuan, kedua pemimpin direncanakan menggelar keterangan pers bersama di ruang Ekaterina Istana Kremlin.(Niel)