Jika Tak Lagi Ibu Kota, Jakarta Bakal Jadi Pusat Perekonomian

KAWULA INDONESIA – Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) resmi disahkan DPR menjadi undang-undang (UU) setelah DPR menyetujui RUU itu dalam rapat paripurna ke-13 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2021-2022, Selasa (18/1/2022).

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meyakini Jakarta akan menjadi pusat perekonomian apabila Ibu Kota Negara pindah ke Kalimantan Timur.

Orang nomor dua di Pemprov DKI Jakarta ini berharap, Jakarta bisa menjadi pusat perdagangan, pendidikan, kesehatan dan seni budaya.

“Jakarta idealnya sekali pun tidak menjadi Ibu Kota kami meyakini Jakarta masih akan menjadi tempat yang baik, nyaman, aman, pusat,” kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Terkait kekhususan DKI Jakarta, nantinya akan dibahas lebih lanjut antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan para pakar.

Kendati demikian, Riza berharap Jakarta bisa menjadi kota yang nyaman untuk ditinggali untuk bekerja bersekolah, bermain dan lain sebagainya.

“Sekalipun Ibu Kota berpindah ke kalimantan timur dan kami pastikan proses nnt transisi pemindahan dari Jakarta berjalan dengan aman baik,” ujar Riza.

“Insya Allah butuh dukungan dan kerja sama semua kebijakan yang sudah diambil oleh pemerintah tentu punya tujuan maksud yang baik di antaranya adanya pemerataan mengurangi kemacetan kemudian juga supaya muka tanah tidak turun terus dan sebagainya,” ucap dia. (iT)