Dinilai Bakal Jadi Kebangkitan Perekonomian, Gelaran Forum B20 Libatkan UMKM

KAWULA INDONESIA – Forum Bisnis (B20) yang digelar 27-28 Januari 2022 mendatang di Indonesia disebut-sebut bakal menjadi kebangkitan perekonomian nasional.

Pasalnya forum yang dihadiri negara-negara berkembang di dunia tersebut tak hanya membawa pebisnis besar, tapi juga akan melibatkan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid menambahkan forum B20 tetap akan mengakselerasi tema forum G20. Yaitu transformasi digitalisasi, transisi energi dan perbaikan sektor kesehatan.

“Penyelenggaraan ini nantinya akan melibatkan Kadin daerah untuk ikut serra, karena yang paling utama disini bagaimana G20 dan B20 bisa berkolaborasi, karena itu sangat penting. Kebijakannya nanti ada di G20, tapi juga ada masikan dari B20,” kata Arsjad, Selasa (18/). 1/2022).

Ia pun menyebut, dalam pelaksanaannya akan turut mendukung UMKM dan negara berkembang diluar dari negara anggota G20. Sehingga pembahasan mengenai bisnisnya akan mencakup lebih dari semua pihak.

“Pertama kali ini bisa dianggap bukan hanya pebisnis elit, tapi ini kepentingan bersama untuk membawa investasi, membuka peluang pekerjaan, dunia UMKM juga,” ujar dia.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Forum B20 Shinta Kamdani memaparkan sebagai tuan rumah di gelaran B20 dalam 12 tahun ini, Indonesia memiliki pekerjaan rumah (PR) penting. Yakni tak hanya berbicara hasil mengenai aturan tapi juga langkah konkret.

“Ada pesan untuk juga bermanfaat untuk indonesia, ini bukan hanya untuk kalangan bisnis, tapi untuk seluruh masyarakat,” katanya.

Pada pelaksanaannya, Shinta menyebut akan menampilkan sejumlah topik utama. Yakni inovatif inklusif dan berkembang secara kolaboratif.

“Inklusif ini bukan gender, tapi UMKM, ini yang selama ini belum dikedepankan, karena biasanya di G20 itu adalah agenda negara maju, kita coba angkat bagaimana UMKM atau UKM ini dapat memperoleh kesetaraan,” terangnya.

Informasi, gelaran awal atau kick-off Forum B20 akan digelar pada 27-28 Januari 2022 secara hybrid. Rencananya, gelaran ini juga akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, puncak acaranya akan digelar pada November 2022, pada bulan yang sama dengan KTT G20. Sepanjang Januari-November, Shinta menyebut akan ada sekitar 50 lebih acara sampingan, termasuk kunjungan-kunjungan ke daerah. (iT)