Inilah Ibu Kota Baru RI, Namanya Nusantara

Inilah Ibu Kota Baru RI, Namanya Nusantara
Ibu Kota Baru RI, Nusantara

KAWULA INDONESIA – Akhirnya nama Ibu Kota Negara Baru RI  secara resmi diumumkan, namanya Nusantara. Seperti yang dipaparkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bapenas, Suharso Monoarfa dalam Rapat Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) dengan pemerintah di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (17/1/2022).

“Saya baru dapat konfirmasi dan perintah langsung dari Bapak Presiden pada hari Jumat.  Jadi, sekarang hari Senin, pada hari Jumat lalu dan beliau mengatakan ibu kota negara ini namanya Nusantara,” ungkap Suharso menegaskan.

Lebih lanjut Kepala Bappenas Suharso mengemukakan bahwa sebelumnya ada sekitar 80 usulan nama ibu kota.  Namun, dijelaskan bahwa nama Nusantara menggambarkan keadaan Republik Indonesia, makanya nama itu pun akhirnya terpilih.  Apalagi nama Nusantara sudah sangat terkenal dan ikonik, tidak saja di Indonesia juga secara internasional.

“Nusantara sudah dikenal sejak dulu dan ikonik di Internasional, mudah dan menggambarkan kenusantaraan kita, semua Republik Indonesia. Saya kira kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu,” ujar Suharso.

Ibu Kota Baru RI bernama Nusantara ini, terletak di Kalimantan Timur.  Tepatnya berada di antara Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur.  Sementara, lokasi Istana Negara untuk calon ibu kota negara baru berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.(Niel)