187 Rumah Warga Kurang Mampu di Jaktim bakal Dibedah

KAWULA INDONESIA – Baznas Bazis Jakarta Timur menggelar program bedah rumah, dengan sasaran warga kurang mampu. Sebanyak 187 rumah yang kondisinya sudah tak layak huni, pada tahun ini akan direnovasi.

Koordinator Baznas Bazis Jakarta Timur, Eka Napisah mengatakan, sebelum melakukan bedah rumah pihaknya akan melakukan survey terlebih dulu ke setiap rumah yang diusulkan untuk dibedah.

Survei, kata Eka dilakukan untuk memastikan apakah rumah tersebut bisa direnovasi sesuai ketentuan atau tidak.

Dirinya menambahkan, pihaknya juga menyediakan form klaim untuk penerima bedah rumah, jika ada beberapa kerusakan. Klaim bisa diajukan ke Baznas Bazis Jakarta Timur dalam jangka waktu satu bulan penempatan.

“Dana yang digunakan untuk bedah rumah ini bersumber dari para muzaki yang disumbangkan untuk para dhuafa,” kata Eka Jumat (14/1/2022).

Dia mengungkapkan, perolehan zakat infaq dan sadaqoh (ZIS) tahun 2021 lalu mencapai Rp 41.326.562.701 atau sekitar 101,74 persen dari target total Rp.40.631.725.000.

“Perolehan dana ZIS dari masyarakat ini akan dikelola dan kembalikan ke masyarakat dalam bentuk kegiatan sosial, salah satunya program bedah rumah,” tandasnya. (iT)