KAWULA INDONESIA-Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) saat ini tengah ‘membangun’ Ibu Kota Negara (IKN) baru dalam versi metaverse. Hal ini dilakukan guna mengakomodasi kebutuhan di tengah perkembangan zaman.

“Kita kemarin sudah luar biasa heboh dengan hologram, tapi sekarang ada metaverse. Kami sedang mempersiapkan kota Ibu Kota Negara itu dalam bentuk metaverse,” ungkap Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa dalam Rapat Kerja DPR RI dengan pemerintah, Kamis (13/1/2022).

Menurut Suharso ‘pembangunan’ ibu kota negara dalam bentuk metaverse rampung dalam beberapa bulan ke depan.

“Mudah-mudahan dalam 4 bulan ini kami dari Bappenas bisa tunjukkan kira-kira ibu kota baru kalau itu jadi akan seperti ini,” ujarnya lagi.

Dengan demikian, kata Suharso bentuk awal ibu kota baru tidak akan dibuat dalam bentuk fisik, melainkan dalam bentuk digital.

“Jadi bukan lagi dalam bentuk maket, bukan juga dalam bentuk hologram, tapi sudah reaktif gitu, nah ini sedang dikerjasamakan, semoga 4 bulan bisa dilihat,” jelasnya.

Sebagai informasi, metaverse merupakan konsep dunia digital yang direalisasikan dalam bentuk yang lebih nyata dibandingkan yang ada saat ini. Konsep ini ramai diperbincangkan setelah CEO Meta dan Pendiri Facebook Mark Zuckerberg menawarkan ‘dunia baru’ bagi manusia pada tahun lalu.

Nantinya teknologi ini akan dirancang agar dapat dijalankan dengan teknologi Virtual Reality (VR). Dengan begitu, seseorang bisa menjalani kehidupan serba praktis melalui ruang virtual yang tentu saja akan dilengkapi dengan kemampuan bertemu dengan orang lain dalam bentuk avatar.(dri)