Menko Luhut: Masyarakat Harus Bangga Dengan Produk UMKM Indonesia

KAWULA INDONESIA-Sudah saatnya UMKM Indonesia bisa menjangkau pasar dunia. Apalagi, pemerintah sebelumnya sudah gencar melakukan digitalisasi UMKM.

Hal tersebut dikatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan saat pembukaan UMKM EXPO (RT) Brilianpreneur 2021, Kamis (9/12/2021).

Luhut merasa salah satu upaya yang bisa mendorong UMKM ke pasar dunia seperti diadakannya program UMKM EXPO (RT) Brilianpreneur 2021 yang digelar BRI. Menurutnya, program tersebut harus dimaksimalkan dalam pelaksanaannya.

“Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan UMKM dapat meningkatkan kualitas produk dan layanannya, serta melebarkan pasarnya sampai ke mancanegara. Sehingga dapat meningkatkan devisa dan juga kesejahteraan para pelaku UMKM itu sendiri,” ujar Luhut.

“Kegiatan ini menjadi peluang emas untuk selangkah lebih maju dalam menghadapi dampak pandemi dan menghasilkan UMKM-UMKM yang tangguh menghadapi segala tantangan,” ujarnya lagi.

Untuk itu, Luhut mengajak semua masyarakat Indonesia berpartisipasi menyukseskan UMKM EXPO (RT) Brilianpreneur 2021. Ia merasa langkah tersebut menjadi bentuk dukungan masyarakat bagi pertumbuhan dan perkembangan UMKM di Indonesia.

“Selain itu dengan membeli dan menggunakan produk UMKM kita juga secara langsung ikut mencintai produk negeri sendiri. Jadi jangan ragu, sudah banyak produk UMKM Indonesia yang menerapkan standar mutu yang tinggi dan terjamin kualitas produknya. Sehingga juga diterima di pasar mancanegara,” beber Luhut.

Luhut menegaskan masyarakat harus bangga dengan produk UMKM Indonesia. Dalam kesempatan ini, Luhut berharap BRI terus berpartisipasi dalam meningkatkan kualitas UMKM di dalam negeri.

“Saya berdoa terus, berharap terus bahwa BRI akan memainkan peran yang semakin besar ke depan ini untuk membesarkan UMKM di tempat kita. Banggalah menjadi orang Indonesia, dan banggalah dengan produk-produk Indonesia,” tegas Luhut.(dri)