Dorong UMKM Go Global, BRI Datangkan 150 Buyer dari 30 Negara

KAWULA INDONESIA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mendorong industri kreatif Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia untuk go global.

Melalui pameran virtual UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 yang digelar mulai 1 hingga 16 Desember 2021 itu, BRI menghadirkan 105 potensial buyers dari 30 negara untuk memprospek 500 pelaku UMKM.

Melalui kesempatan tersebut, buyer internasional dan UMKM peserta kegiatan ini dapat bertemu melakukan transaksi bisnis yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, kegiatan tahunan ini dimulai pada 2019 dengan nilai kesepakatan transaksi US$ 33,5 juta.

Lalu pada 2020, BRI kembali menggelar kegiatan ini dengan konsep hybrid dengan kesepakatan transaksi US$ 57 juta.

“Sekarang 2021, dari business matching yang makin intensif dan makin banyak buyer dari negara-negara yang kami undang. Kami targetkan deal-nya US$ 65 juta,” ujar Sunarso secara virtual pada Rabu (1/12/2021).

SEVP Treasury & Global Services BRI Achmad Royadi menambahkan, jumlah UMKM yang ikut hanya sekitar 150 UMKM pada 2019. Lalu naik menjadi 400 UMKM pada 2020.

Dari sisi pembeli, tahun lalu terdapat 90 pembeli dari 24 negara. BRI menargetkan jumlah pembeli mencapai 150 buyer dari 30 negara tahun ini.

“Dari sisi deal business matching, kami lakukan pertemuan antara UMKM dan buyer. Tahun 2019 ada 23 deal business, tahun lalu terjadi 74 deal business, tahun ini kami targetkan mencapai 120 deal business. Jadi dampaknya dapat membuka akses bagi UMKM ke pasar global,” paparnya.

Sunarso melihat adanya peluang besar bagi produk-produk Indonesia untuk masuk ke pasar global.

Hasil karya anak bangsa dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain.

Seperti tahun sebelumnya, pameran virtual ini memberikan pengalaman 3D kepada pengunjung.

Selain itu, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 juga menampilkan konsep thematical outdoor yang menghadirkan lima destinasi wisata di Indonesia, yaitu Raja Ampat, Borobudur, Toba, Ubud (Bali), dan Tanjung Kelayang (Belitung).

Sunarso juga mengungkapkan, BRI akan memberikan pendampingan yang berkelanjutan untuk menjangkau pasar yang lebih luas bagi UMKM.

Pelatihan ini ditujukan agar pelaku usaha dapat mencapai standar produk internasional.

“Narasumber yang dihadirkan merupakan mereka yang ahli, berpengalaman dan memiliki expertise di bidangnya masing-masing. Salah satu pembahasan yang diangkat mencakup bidang pemasaran global dan ekspor barang, serta prosedur legal dan administrasi ekspor produk ke mancanegara,” jelas Sunarso.

Selama acara UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021, nasabah BRI dapat menikmati berbagai promo menarik berupa diskon dan cashback hingga 31 Desember 2021.

Promo tersebut dapat diperoleh jika melakukan pembelian produk via e-commerce Shopee dan PADI UMKM, serta melakukan pembayaran menggunakan debit dan kartu kredit BRI.

Seluruh rangkaian kegiatan dapat diakses melalui website brilianpreneur.com, YouTube BRI, dan media sosial BRI lainnya. (iT)