M Taufik Effrianto: BRI Dukung Pemulihan Sektor UMKM Sebagai Penggerak Perekonomian

KAWULA INDONESIA -Pandemi Covid 21 dirasakan sangat berdampak terhadap program ekonomi nasional. Namun program vaksinasi dan lainnya yang dilakukan pemerintah dalam memutus mata rantai penularan virus Covid 21 sangat membantu dalam pemulihan ekonomi nasional termasuk UMKM.

Demikian diungkapkan Mokhamad Taufik Effrianto, Kepala Divisi Transaksi Regional BRI Pusat Jakarta Satu dalam pelatihan ekspor dan kurasi produk menuju pasar Timur Tengah yang di gelar di Novotel Hotel, Cikini, Sabtu (6/11/2021).

Acara ini diprakarsai komunitas UMKM Kawula bekerjasama dengan BRI dan KawulaIndonesia.com.

Kata Taufik BRI memberikan dukungan terutama melalui pemulihan sektor UMKM sebagai penggerak perekonomian.

Menurut dia, seperti sektor lainnya, perbankan terdampak pandemi karena semua berasal dari perbankan. Adapun ia menjelaskan alasan pentingnya UMKM dalam program pemulihan ekonomi nasional.

Ini penting karena pertama adalah nasabah kita sebagian UMKM. Kedua, kontribusi UMKM sangat besar. Fokusnya adalah kita begitu pandemi kena, kita selamatkan dulu UMKM melalui restrukturisasi dari pinjaman berikutnya, ungkap Taufik.

Taufik menegaskan BRI berkomitmen tetap tangguh dan tetap fokus pada UMKM. Setelah hampir 2 tahun Indonesia dilanda pandemi, BRI konsisten membantu UMKM untuk bertahan dan naik kelas.

Ke depan kita juga harus bisa bersama-sama bangkit untuk pemulihan ekonomi nasional. Tentunya tantangannya masih ada pembatasan-pembatasan. Tapi tetap optimistis, untuk bekerja lebih baik, ungkapnya.

Hingga saat ini perusahaan telah memberikan bantuan kepada lebih dari 80% UMKM melalui restrukturisasi pinjaman dan pembinaan bisnis. Menurut Taufik, UMKM memiliki kontribusi terhadap perekonomian nasional.

Maka kalau kita membantu UMKM, kita membantu perekonomian negara. Nah, dengan membantu UMKM, berarti kita membuka lapangan pekerjaan, pungkasnya.(dri )